Jumat, 19 Mei 2017

Ulasan 2 - Operating System Virtualization

Ulasan kali ini akan membahas video yang berjudul "OS Part 8: Operating System Virtualization" oleh "Kindson The Tech Pro". Video ini memiliki durasi 9 menit 21 detik dan hingga saat penulis membuat ulasan ini, sudah ditonton 848 kali. Video tersedia pada https://youtu.be/yIvWa0T5ge4

Virtualization adalah sesuatu yang memungkinkan 1 perangkat komputer menjalankan OS yang berbeda secara bersamaan menggunakan virtual machine. Hal tersebut disebabkan karena dalam implementasinya, diatas hardware ada virtual manager yang membagi resource hardware kedalam beberapa virtual machine dimana masing-masing virtual machine memiliki resource CPU, Memory dll secara independent. Setiap OS pada suatu virtual machine yang tervisualisasi tidak dapat menginterupsi segala jenis proses maupun dokumen yang terdapat pada virtual machine lainnya. 

Virtualization memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah OS menjadi tidak rentan dengan virus yang menyebar di OS lainnya karena antara virtual machine saling independent. Dengan virtualization juga memungkinkan terjadinya cloud computing, dimana resource CPU, memory dan storage tersedia online sebagai suatu service. Namun dalam implementasinya, virtualization membutuhkan biaya yang tidak sedikit, lebih kompleks, dan memiliki performa yang relatif lebih rendah.

Menurut saya, penjelasan pada video ini sudah sangat lengkap dan detail. Semua materi dijelaskan secara terstruktur sehingga lebih mudah dipahami. Penyampaian materi dengan bahasa inggris sudah sangat jelas. Namun terdapat kekurangan dalam tampilan video yang disajikan dengan sangat monoton karena video tidak terlihat dinamis dan cenderung membosankan.


Github Account : bellanadhifah
URL Video : https://youtu.be/yIvWa0T5ge4 (9:21)
Video Author : Kindson The Tech Pro
Pemetaan  : week10
Tanggal Submisi Revisi Pertama : Jumat, 19 Mei 2017
Tanggal Submisi Revisi Terakhir : Jumat, 19 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Black Set